Traumatik Penghambat Diri Anda

Jika anda mempunyai sejarah kejadian traumatik seperti kecelakan waktu berkendaraan, kejadian hidup yang menakutkan, perubahan hidup yang menyakitkan, kehilangan orang yang dicintai, pelecehan seksual, tekanan-tekanan kehidupan, kekecewaan yang mendalam, rasa bersalah yang menghantui, sangat mungkin anda akan menyimpan pengaruhnya dalam jangka waktu yang lama.

 

Kejadian semacam itu merupakan insiden yang mungkin mempengaruhi kita sedemikian dalam, dan kadang-kadang dapat membawa pada diagnosis PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) jika tidak ditangani secara efektif.

 

Tetapi ada tipikal insiden atau kejadian yang disebut “Trauma sehari-hari”. Ini merupakan hal-hal yang terjadi pada kita dikala kita menjalani kehidupan. Mungkin bila kita lihat kejadiannya tidak mempunyai arti apa-apa. Tetapi hal tersebut dapat dan sering mempunyai efek jangka panjang.

 

Orang tua yang mengatakan sesuatu yang menyakitkan, tanpa menyadari efek pada kita. Guru meminta kita membaca buku di depan kelas dan, ketika kita gerogi dalam membaca, kita ditertawakan oleh teman-teman kelas. Kita pindah sekolah dan kesulitan mendapatkan teman baru. Semua insiden itu mempunyai potensi untuk berkembang pada apa yang disebut “Trauma sehari-hari”.

 

Mengapa dikatakan sebagai Trauma sehari-hari adalah karena kejadian-kejadian itu menyebabkan emosi dan keyakinan negatif. Dan kejadian itu masih akan terbawa bertahun-tahun kemudian.

 

Sebagai contoh, pengalaman ditertawakan di depan kelas mungkin akan terbawa hingga sekarang dan menjadikan pengalaman traumatis tersebut membuat ada tidak berani untuk tampil di depan umum. Pengaruh masa lalu anda akan muncul kembali begitu anda dihadapkan pada situasi untuk berbicara di depan umum.

 

Masa lalu kita dapat menghambat masa depan kita kecuali kita menghilangkan efek-efek negatif dari trauma masa lalu kita. Kabar baiknya adalah EFT adalah sebuah teknik yang dapat digunakan untuk mengatasi efek-efek kejadian-kejadian traumatis masa lalu sehingga ingatan-ingatan itu tidak akan mempengaruhi anda lagi. Ada banyak cara mengatasi trauma-trauma masa lalu dengan teknik EFT.

 

Cara yang termudah untuk mengatasi Trauma sehari-hari adalah dengan mulai melakukan tapping begitu kejadian-kejadian traumatis terjadi. Tapping ini adalah semacam pertolongan pertama. Bila anda tidak dapat langsung melakukan tapping saat kejadian traumatis itu terjadi, usahakan lakukan sesegera mungkin setelahnya. Contoh, ketika pasangan anda melakukan perbuatan yang menyakitkan anda, dan anda tidak dapat mengontrol reaksi anda, pergilah menyingkir dan lakukan tapping pada perasaan sakit hati, kemarahan, atau kejengkelan anda. Tappinglah bila muncul reaksi yang meninggi, baik pada perasaan dan pada tubuh, hingga anda merasa lebih baik.