Hipnoterapi Mandiri Tanpa Bantuan Trainer , Bisa?

Selain menggunakan pelatih, hipnoterapi juga dapat dilakukan secara mandiri. Cara hipnoterapi mandiri ini disebut dengan self-hypnosis. Dimana Anda berperan untuk mensugesti diri sendiri untuk mencapai tujuan tertentu.

Hipnoterapi mandiri ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan gangguan kecemasan, rasa malas, trauma hingga penurunan berat badan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan berbagai cara hipnoterapi mandiri yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Persiapan sebelum melakukan hipnoterapi mandiri

Ada setidaknya empat tahapan yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan self-hypnosis. Cara yang pertama adalah dengan mempersiapkan ruangan yang nantinya akan digunakan untuk hipnoterapi mandiri.

Ruangan yang akan Anda gunakan nanti haruslah yang bertemperatur sedang dan membuat anda nyaman berada di dalamnya. Selain nyaman, ruangan yang anda gunakan juga jauh dari keramaian sehingga proses hipnoterapi jadi semakin maksimal.

Kedua, kenakan pakaian yang nyaman. Meski terdengar sepele, namun ini tak kalah penting dalam hal melakukan terapi alam bawah sadar.

Jangan menggunakan celana jins atau baju yang tebal. Ini dapat membuyarkan pikiran Anda hingga akhirnya konsentrasi pun hilang.

Ketiga, jauhkan diri dari gangguan-gangguan seperti suara ponsel, orang bercengkrama, keran air dan lain sebagainya. Buat diri anda merasa rileks dengan berbaring di ranjang atau duduk di atas kursi panjang (posisi kaki dalam keadaan lurus).

Keempat, tentukan tujuan dari hipnoterapi yang sedang Anda lakukan, apakah untuk menghilangkan kecemasan, rasa malas, trauma maupun untuk menurunkan berat badan. Buat daftar tentang apa yang ingin Anda lakukan atau hilangkan.

Setelah itu, susun kalimat penegasan dari tujuan anda melakukan hipnoterapi. Seperti contohnya anda sedang melakukan hipnoterapi kecemasan. Maka, penegasan yang tepat bisa dengan mengucapkan ”ini tidak menakutkan, aku bisa melakukannya. Aku mampu dan aku kuat”.

Kata penegasan ini nantinya yang akan masuk ke dalam alam bawah sadar anda sehingga dapat merubah ketakutan menjadi keberanian.

Fase hipnoterapi mandiri

Setelah keempat langkah diatas sudah anda lakukan, kini masuk ke tahap selanjutnya yaitu fase hipnoterapi. Jika telah masuk pada tutorial hipnoterapi ini Anda dituntut untuk lebih fokus dan bersungguh-sungguh.

Cara pertama adalah dengan memejamkan mata lalu mulai menghilangkan rasa takut, cemas serta stress yang ada dipikiran Anda. Untuk fase awal, cara ini mungkin cukup sulit untuk dilakukan, namun jangan khawatir karena lambat laun anda akan terbiasa dengan sendirinya. 

Jika Anda masih merasa kesulitan, bisa dengan fokus pada satu titik seperti dinding, sudut ruangan atau apapun yang anda temui. Fokuslah hingga kelopak mata Anda terasa berat dan lambat laun mulai terpejam.

Kedua, buatlah tubuh menjadi serileks mungkin, cari bagian tubuh mana yang menurut Anda paling tegang. Tarik nafas dalam-dalam hingga merasa sangat relaks dan seolah melihat cahaya dengan banyak energy dalam tubuh.

Keempat, rasakan sensasi seolah Anda mengambang di bawah permukaan air. Lakukan secara perlahan-lahan hingga tubuh Anda terasa ringan.

Setelah benar-benar terasa ringan, mulailah bercerita tentang apa yang menjadi tujuan Anda, permasalahan dan apa yang Anda takutkan. Salurkan semua perkataan positif dengan menghilangkan kalimat negatif.

Bayangkan diri Anda tengah menyelam untuk mengambil kotak berisi harapan serta kata-kata positif. Bayangkan sesuai dengan imajinasi anda. Ulangi kata-kata positif sebanyak mungkin dengan tetap fokus dan berkonsentrasi.

Fase pasca hipnoterapi mandiri

Setelah melewati beberapa fase diatas, Anda akan masuk  pada fase hipnoterapi. Pada fase ini, Anda harus berimajinasi seolah sedang keluar dari dasar air. Bayangkan air akan semakin berkurang dalam setiap langkah dan Anda berhenti pada cara ke lima.

Di cara keenam, tubuh Anda akan mulai terasa berat. Jika sudah sampai pada keadaan ini, ucapkan kembali kalimat diatas lalu bayangkan anda  kembali menaiki sebuah tangga. Ketika telah tersadar, pejamkan mata sejenak lalu bayangkan bahwa ada cahaya yang menuju ke sebuah pintu.

Cara ini akan membantu mengembalikan kesadaran anda secara alami. Anda juga dapat berteriak “buka mata, buka mata” agar dapat kembali ke dunia realita.

Perlu diingat, tutorial hipnoterapi mandiri ini tidak akan berhasil tanpa adanya kesungguhan serta konsentrasi penuh. Ini mungkin agak sulit terlebih bagi Anda yang baru pertama kali melakukan terapi ini.

Untuk itu, lebih baik konsultasikan dulu kepada ahlinya sebelum Anda memutuskan untuk melakukan cara hipnoterapi mandiri. 

 14 total views,  2 views today