Tips Ampuh Bangkit dari Kegagalan, 100% BERHASIL!!

Banyak orang yang mengalami kegagalan di dunia ini. Dari mulai gagal masuk sekolah idaman sampai gagal memulai bisnis. Hal yang paling penting dari kata gagal adalah bagaimana cara bangkit dari kegagalan tersebut.

Anda tidak boleh terus menerus menyesali kegagalan yang pernah dihadapi. Anda harus bangkit dan kembali berjalan. Karena setiap waktu yang digunakan untuk meratapi kegagalan, justru akan menjadikan Anda seorang manusia yang gagal karena tidak pernah mencoba bangkit.

Pengalaman Bangkit dari Kegagalan

Ada sebuah kisah terkenal mengenai ini. Ada seseorang yang mendapat cap menjadi anak bodoh. Melakukan banyak kesalahan dalam beberapa percobaannya. Tapi, pada percobaan ke seribu, dia berhasil. Anda benar, ini adalah kisah dari Thomas Alfa Edison, yang menemukan cara bagaimana bola lampu bisa menyala dalam waktu lama.

Ada lagi kisah mengenai seseorang yang mencoba berbisnis mengenai data statistik pengguna internet bernama Traf O Data. Itu adalah sebuah proyek besar, tapi gagal dan menyebabkan kerugian hingga jutaan dolar. Tetapi beliau tidak menyerah dan sekarang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. benar, dia adalah Bill Gates.

Ada lebih banyak lagi kisah orang yang bangkit dari kegagalan hidup. Sekarang, coba Anda bayangkan apabila Thomas Alfa Edison menyerah pada percobaan ke 10. Mungkin tidak akan ada bola lampu yang bisa menyinari manusia dan tahan lama.

Bagaimana jika Bill Gates tidak memiliki motivasi bangkit dari kegagalan? Tidak akan ada microsoft yang mendominasi hampir semua komputer dan gadget di dunia ini. Anda tidak bisa mengetik di aplikasi Word dan Anda harus repot mengisi data tanpa bantuan Ms. Excell.

Cara Bangkit dari Kegagalan

Apakah Anda bisa bangkit dari kegagalan? Jawabannya tentu saja bisa. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk bangkit dan tidak jatuh terpuruk ketika mengalami kegagalan. Jika Anda mencari formula yang efektif, maka sebenarnya tidak ada formula pasti untuk bangkit dari keterpurukan.

Meskipun demikian, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bangkit dari kegagalan. Berikut beberapa caranya:

1. Mencoba untuk Ikhlas

Ikhlas memang hal yang sulit, tetapi dengan mengikhlaskan kegagalan, Anda akan lebih mudah melangkah maju ke depan. Hal yang perlu dilakukan dalam ikhlas adalah tidak menyalahkan orang lain ketika mengalami kegagalan.

Tidak perlu menyalahkan orang lain. Pun tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Cukup dengan belajar dari kesalahan yang sudah terjadi dan kembali berjalan. Dengan cara ini, Anda sudah berhasil naik satu anak tangga dalam level hidup.

2. Yakini Bahwa Gagal adalah Proses

Cara bangkit dari kegagalan usaha selanjutnya adalah meyakini bahwa kegagalan sebenarnya adalah proses. Jika diperhatikan, seorang bayi mengalami banyak tahapan sebelum bisa berjalan. Seorang bayi akan tengkurap, merangkak, mengalami ratusan kali jatuh bangun, baru kemudian dapat berjalan.

Hidup Anda juga seperti itu. Kegagalan sejatinya adalah sebuah proses dalam kehidupan. Proses untuk menaiki anak tangga selanjutnya. Menjadi manusia yang belajar dan lebih baik dari yang lalu.

3. Tetap Berpikir Positif

Cara bangkit dari kegagalan selanjutnya adalah tetap memiliki pikiran positif. Wajar jika Anda merasa kecewa dan hancur ketika mengalami kegagalan. Tetapi Anda tidak perlu terjun terlalu lama dalam perasaan kecewa tersebut.

Ingatlah tujuan Anda kembali dan segera menyusun rencana baru. Ingat bahwa waktu terus berjalan dan akan sia-sia sekali jika membuang banyak waktu untuk menyesali diri. Tetaplah berpikir positif dalam menyikapi kegagalan tersebut.

Bangkit dari kegagalan adalah sikap yang harus dilakukan oleh banyak orang. Sikap seperti ini harus dipertahankan dan dilatih, agar Anda tidak terlalu lama berada dalam jurang penyesalan.

Itulah beberapa cara bangkit dari kegagalan. Semoga bermanfaat.

 8 total views,  2 views today